Bisakah Tidak Memberikan Aqiqah untuk Anak Sampai Mereka Dewasa?

Assalamu’alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh.

Bismillah hirohman.

Segala puji dan syukur hanya bagi Allah, shalawat dan salam atas Rasul-Nya.

Tidak mengapa menyembelih Aqiqah (Haqiqa, Aqiqah) atas nama anak-anak meskipun telah melewati usia empat tahun, meskipun lebih baik mempercepatnya.

Tidak mengapa menyembelih aqiqah atas nama anak-anak meskipun telah melewati usia empat tahun, meskipun lebih baik mempercepatnya.

Namun jika aqiqahnya telah tertunda, maka tidak mengapa melakukan shadaqah di kemudian hari. Dia mungkin menyembelihnya kapan pun dia mampu melakukannya.

Adapun di mana aqiqah disembelih, tidak ada tempat khusus untuk itu; melainkan diperbolehkan untuk menyembelihnya di kota tempat mereka dilahirkan, atau di tempat lain, karena itu adalah ibadah yang tidak ditentukan tempatnya.

Dalam hal memakan daging, aqiqah sama hukumnya dengan berkurban, Diwajibkan bagi orang yang menawarkannya untuk memakannya sendiri, untuk bersedekah, dan memberikan sebagian sebagai hadiah kepada tetangga dan teman-temannya. (Majmu` Fatawa Ash-Syekh Salih al-Fawzan, 2:572)

Jika Anda ingin mengadakan aqiqah sebaiknya Anda menghubungi layanan aqiqah jakarta yang memiliki kambing-kambing sehat, berpengalaman, dan melayani aqiqah sesuai syariat islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *